Review Lengkap Speaker Quran “Hafidz Cilik” Yang Banyak Dicari Orangtua Muslim Masakini

Assalamu’alaikum.

Halo Ayah Bunda di seluruh Indonesia. Awal bulan April ini, HelloHijabers, dapat kesempatan untuk menjajal salah satu produk speaker bestseller dari Mukmin Media yang diberi nama Hafidz Cilik.

Hafidz Cilik merupakan speaker quran portable yang dikhususkan untuk anak-anak. Dirilis pada awal bulan Maret lalu, langsung mendapat respon positif dengan jumlah permintaan kian hari makin meningkat. Apa sih yang membuat speaker ini begitu banyak dicari orangtua muslim masakini ? Yuk kita kupas pada postingan  ini.

1. Konten Audio Lengkap

Isi konten menjadi salah satu bagian penting, ketika memilih speaker quran, Salah satu yang membuat menarik perhatian yaitu dengan hadirnya Premium Content “MURI-Q Juz Amma” yang memiliki lisensi resmi dari Ustadz Edi Sumianto.

MURI-Q adalah suatu metode untuk mempelajari irama dalam melantunkan Al-Quran yang sesuai dengan tahsin/tajwid yang benar.

Metode ini dapat diterapkan untuk anak-anak, Jadi ayah bunda bisa mendampingi anak-anak dirumah menghafal Quran. Selain itu Audio MURI-Q nya bisa di play/putar, per AYAT, Per SURAT, dan Murajaah Tiktokan (sambung ayat) yang selama ini booming di Indonesia, sejak tayangnya program Hafidz di beberapa stasiun TV swasta. Hal tersebut merupakan nilai plus yang  speaker lain tidak memilikinya.

Tak hanya konten MURI-Q, speaker quran Hafidz Cilik juga menyediakan murattal Talaqi per-surat 30 juz maupun Talaqi per-ayat 5 juz terakhir.  Dan adanya bonus 35 audio kajian parenting makin menambah khasanah ilmu Ayah Bunda dalam mendidik anak secara islami. Untuk detail lengkapnya lihat gambar yaaa….

2. Bentuk speaker yang mungil dan lucu pasti disukai anak-anak.

Ukuran body speaker yang kecil dapat dipegang dengan satu tangan dan adanya gantungan tali yang sudah terpasang meminimalisir speaker akan jatuh. Tataletak tombol dan layar LCD digital dalam satu sisi, memudahkan dalam pengoprasian/penggunaan nya.

3. Fitur Repeat Per Ayat dan Per Surat

Mode repeat merupakan fitur terbaru yang berfungsi untuk mengulang-ulang bacaan Qur’an bisa per ayat maupun per surat. Jadi sangat memudahkan dan membantu proses belajar anak dalam menghafal, dipastikan Ayah Bunda pasti senang.

Cara menggunakannya cukup menekan tombol repeat satu kali sampai dilayar digital menampilkan tulisan “ONE” , untuk mengembalikan ke pengaturan awal, pencet tombol repeat lagi, dilayar menampilakan tulisan “ALL”. Lebih jelasnya lihat gambar dibawah ini yaaaa…

4.  Fitur Radio FM

Speaker Hafidz cilik dilengkapi fitur Radio FM, Ayah Bunda bisa mendengarkan siaran frekuensi radio islami di sekitar wilayah setempat.

Caranya dengan menekan tombol M (mode), sampai ada tampilan frekuensi dan fm seperti foto dibawah ini (lihat buku panduan untuk mencari frekuensinya).

5. Makin lengkap dengan dukungan Port USB, Line Out, Port Line In, dan MicroSD

  • Port USB  : Untuk memutar audio lewat Flasdisk.
  • Line Out : Slot untuk mendengar audio lewat Earphone atau Headset.
  • Line In : Menghubungkan dengan mp3, smartphone, laptop/PC  sebagai pengeras suara.
  • Port MicroSD : Memutar audio murattal lewat microSD Toshiba 8 GB yang sudah terpasang di speaker.

6. Kualitas suara

Pada saat dinyalakan kualitas suara jernih, namun ketika level volume pada tingkat maksimal yaitu 30, suara nya sedikit pecah. Jadi amannya gunakan level sedang aja.

7. Ketahanan Baterai

Daya supply pada baterai hafidz cilik ini menggunakan adaptor 5V (500MaH), disarankan jangan menggunakan voltase yang lebih tinggi, karena dapat mempengarui  kinerja baterai. Dalam box speaker tertulis waktu pengisian baterai saat pertama kali di charge sekitar 2-3 jam.

Berdasarkan pengalaman teman yang memiliki hafidz cilik, ketahanan baterai ketika dinyalakan sekitar 7 jam dengan tingkat volume rendah.

Saat dibawa dalam perjalanan, ketika baterai habis, bisa dicharge melalui power bank. Jadi lebih simple tanpa harus cari colokan listrik.

Sebagai catatan, charger lewat powerbak atau laptop/pc disaat kondisi darurat saja. Untuk harian pake adaptor charge usb sesuai yang disarankan di atas.

8. Kelengkapan Produk

  • 1 x Speaker Quran
  • 1 x Kabel Charge dan Audio
  • 1 x Buku Panduan Audio Quran
  • 1 x MicroSD Toshiba 8GB
  • 1 x Buku Panduan Speaker
  • 1 x Kartu Garansi

Catatan untuk review kelebihan dan kekurangan Hafidz Cilik :

Kelebihan :

  • Premium Content MURI-Q berlisensi resmi
  • Lebih dari 10 Qari Anak Pilihan
  • Hafalan Doa dan Bacaan Ibadah
  • 35 Kajian Parenting
  • Support Flasdisk, MicroSD, Radio FM, Earphone dan AUX (Pengeras Suara)
  • Mode Repeat (mengulang bacaan)
  • Ada tali gantungan.

Kekurangan

  • Masih tipe Mono Speaker
  • Dalam peket penjualan tidak ada adaptornya ( tapi hampir kita semua punya adaptor charge buat handphone, tinggal cek aja voltase, kalau sesuai tinggal colok deh)

Mengenai price hafidz cilik ini, di bandrol dengan kisaran harga Rp 275.000 – Rp300.000, menurut Hellohijabers harga yang ditawarkan sepadan dengan lengkapnya fitur-fitur yang ada pada speaker tersebut.

Semoga review singkat ini bermanfaat untuk Ayah Bunda yang  masih bingung bin galau, dapat segera menentukan pilihan speaker quran untuk kado spesial buah hati dirumah.

Saran HelloHijabers, pililhlah berdasarkan kebutuhan dan manfaat yang didapat, jangan bandingkan hafidz cilik dengan edisi speaker quran lain dengan tawaran edisi 100 Qari pilihan, karena sudah beda FOKUS, kalau untuk  hanya mendengarkan lantunan murattal saja 100 Qari boleh dibeli, tapi kalau untuk mendukung program hafalan  anak, Hafidz Cilik dengan Premium Content MURI-Q merupakan pilihan yang tepat,InsyaAllah.

Note: Review di atas hanya untuk sharing sesuai pengalaman pribadi dan tidak bermaksud menyudutkan pihak manapun.

Wassalamu’alaikum.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s