Tips Menikah Muda Di Bawah Usia 25 Tahun

Assalamu’alaikum.

Halo sahabat, ada yang berniat Menikah Muda di bawah usia 25 tahun? hayyo ngacuung. Berikut beberapa tips dari kang Abay (menurut pengalaman pribadi) yang dishare melalui halaman facebooknya.

Silahkan boleh dishare, semoga bermanfaat 🙂

Kang abay dan keluarga - istri kang abay

6 Tips Nikah Muda Ala Kang Abay :

1. Niatkan Ibadah karena Allah, pengen Menyempurnakan Agama.

Jangan karena yg lain misal, pengen pamer Banggain diri dan lalu nge-bully temen-temennya yg belum pada nikah…😂. Atau pengen secepat mungkin ganti status di Facebook jadi “Menikah / Married”. Ceilee…Atau ngerasa sudah terlalu lelah dikatain Jomblo, halah…😄

Jangan juga karena alasan sudah gak betah di rumah jadi ingin lari / keluar secepat mungkin dari rumah (Malah sebelum nikah kalau punya masalah sama ortu harus diselesaikan dulu, oke 🙂

2. Niatkan juga Menikah untuk Membahagiakan Ortu.

Ya, usia muda kita kan belum banyak berbakti. Masih kuliah atau baru aja lulus kuliah tapi malah mau langsung Nikah. So, jelaskan sama ortu dengan baik…”Saya menikah karena ingin bahagiakan bapak & Mamah…”.

Komitmen meski sudah menikah tapi tetap PEDULI sama ortu, tetap alokasikan rezeki dari penghasilanmu tiap bulan untuk ortu khususnya Ibu. Biar rezekimu berkah makin melimpah. Nanti ketika bisa ngasih cucu untuk mereka, mereka akan semakin bahagia.

Untuk lelaki jelaskan pada calon istrimu dengan baik, kalau setelah menikah kamu tetap punya tanggung jawab pada ibumu dan adik perempuanmu (Jika punya).

3. Buat Proposal Hidup yang Jelas.

Usia masih muda biasanya belum punya apa-apa, baru memulai semuanya, belum dewasa sepenuhnya juga. Masih sangat dinamis dan berkembang. Jadi butuh penunjuk arah yang jelas, maka kedua pasangan sebelum menikah menuliskan visi misi rencana hidupnya.

Mulai dari sisi pengembangan diri (mental, spiritual) maupun rencana profesi (nanti mau jadi apa? Karyawan? Pengusaha? Dll), rencana punya rumah, kendaraan (biasanya belum punya kan?), dan rencana2 lainnya.

Lalu share masing-masing, diskusikan, jadi pada saling tahu dan siap untuk saling menguatkan. Kan indah nanti si calon istri bilang:

“Meski sekarang kamu bukan siapa-siapa, tapi aku yakin kamu seperti proposal hidupmu adalah calon orang sukses. Dan aku siap menemanimu, menguatkanmu…Mewujudkan satu demi satu impianmu…” #tsaah

4. Jadilah Pembelajar. Memantaskan Diri sampai mati.

Tahun-tahun pertama akan sulit. Akan ada ujian mental karna ego masih tinggi, berikutnya ada badai ekonomi. Gak semua rencanamu bisa terwujud mulus, tapi disinilah tantangannya. Kalau kamu berdua bisa bersabar & berhasil melewati ujian demi ujian itu maka kamu berdua akan menjadi semakin dewasa & berkualitas.

Nah, syaratnya pasangan yang bisa berhasil tsb adalah MAU BELAJAR & BERUBAH. Tetap baca buku…ikut kajian….Ikut seminar Dll. Diskusikan apa yang kamu pelajari dengan pasanganmu.

Justru setelah MENIKAH harus lebih serius memantaskan diri bagaimana menjadi Suami, Ayah, Istri, dan Ibu yang lebih baik.
Jadikan keluargamu sebagai madrasah ilmu sehingga kamu berdua tumbuh menjadi sosok-sosok yg semakin berkualitas setiap hari, bulan dan tahun.

5. Jadilah Mandiri & Persiapkan Diri Dari Sekarang

Indikatornya kamu sudah bisa bertanggung jawab penuh pada hidupmu, sudah ngga jadi beban ortu, minimal itu. Khusus utk lelaki karena ada kewajiban menafkahi maka kamu bisa belajar dari sekarang mencari uang sendiri, sehingga tak perlu lagi meminta uang pada Ortu. Latihan dulu saja.

6. Ketemu JODOHNYA.

Nah yang terakhir sekuat apapun niatmu untuk Menikah Muda nggak akan kesampaian kalau belum ketemu JODOHNYA. Untuk yang no.6 ini, bagaimana Tips menjemput Jodoh? saya sudah teramat sering sharing di Fanspage bagaimana caranya. Silahkan liat2 tulisan/status2 sebelumnya di timeline facebook kang abay ya.

Semoga yang berniat Menikah Muda Allah kuatkan, dan mudahkan ketemu jodohnya…Aamiin

Note : Yang sudah lewat usia 25 tahun tak perlu bersedih berkecil hati, ingat: Rencana Allah yg terindah pilihan Allah yg terbaik.

Artinya Jodohmu yg lebih baik sedang dipersiapkan oleh Allah. Sangka baik aja, tapi tetap niatkan menyegerakan menikah (Kalau merasa sudah siap), tak henti berdoa, ikhtiar memantaskan diri.

Wassalamu’alaikum.

Sumber : Facebook Kang Abay

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s