Itu Sedekah Atau Dagang, Kok Minta Balasan 10X Lipat

Assalamu’alaikum.

Ikhlas itu pengertiannya bukan tidak mengharap balasan apapun, kita tetap mengharapkan balasan, tetapi balasan yang kita harapkan bukan dari makhluk, tetapi dari Alloh SWT. Itulah yang dinamakan Ikhlas.

Tidak ada manusia yang sehat akalnya mampu berbuat tanpa mengharap balasan apapun. Bahkan Rosululloh SAW saja, berbuat untuk mendapatkan rahmat dan ridho dari Alloh SWT.

Itu Sedekah Atau Dagang, Kok Minta Balasan 10X Lipat

Ketika ada yang mengatakan, sedekah kok minta kembalian 10x lipat, itu sedekah apa dagang.

Ini pernyataan menarik yang patut dijawab dengan ilmu, agar pernyataan yang seolah-olah masuk akal ini, bisa kita luruskan.

1. Bukan manusia yang memberitahu, bahwa sedekah akan dibalas dengan 10x lipat yang semisalnya. Tetapi, ini adalah pernyataan ALLOH sendiri didalam al Qur’an :

“Man ja’a bil khasanati falahu ‘asyru amtsaliha.” (Barang siapa membawa 1 kebaikan, maka baginya balasan 10 kali lipat yang semisalnya).(QS Al An’an : 160)

Jadi, itu bukan pernyataan yang dibuat-buat oleh Rosululloh SAW, bukan pula oleh para ulama. Itu pernyataan Alloh SWT sendiri. Jadi kalau menyatakan bahwa mengharap kembalian 10x lipat itu salah, maka sama saja anda menyalahkan Al Qur’an, sama saja anda menyalahkan Alloh SWT.

2. Sedekah kok kayak dagang
Bahkan Alloh sendiri yang menyatakan bahwa Membaca Al Qur’an, Mendirikan Sholat dan Bersedekah adalah perniagaan dengan Alloh, sebagaimana didalam firmanNYA:

” Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca kitab Allah dan mendirikan shalat dan MENAFKAHKAN SEBAGIAN DARI REZEKI yang Kami anugerahkan kepada mereka dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan PERNIAGAAN yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan kepada mereka pahala mereka dan menambah kepada mereka dari karuniaNya. Sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Mensyukuri.” (Q.S. Fathir: 29 – 30)

Jadi, sah-sah saja kita menganggap bahwa sedekah adalah perniagaan/berdagang dengan Alloh SWT. Kenapa? Karena justru Alloh sendiri yang mengibaratkan seperti itu.

Lagipula, anggaplah berdagang. Memangnya bermasalah kalau kita berdagang dengan Alloh? Sementara Alloh berfirman:
“Dan Allah telah menghalalkan jual beli dan mengharamkan riba.” [Al-Baqarah: 275]

Lihat, Alloh menghalalkan perdagangan/jual beli. Jadi kalau kita sedekah dengan niat berniaga/berdagang dengan Alloh, bukan masalah sama sekali, bahkan Alloh justru yang perintahkan.

Wassalamu’alaikum.

Sumber : Facebook Lutvi

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s