Kumpulan Fakta Fakta Unik “Ketika Mas Gagah Pergi”

Assalamu’alaikum.

Halo sahabat mas gagah, mau tau kan, sederet fakta -fakta unik tentang KMGP. Sebuah karya melegenda karangan Helvy Tiana Rosa yang sudah 39 kali cetak ulang. Dan kabarnya InsyaAllah filmnya akan tayang di bioskop pada bulan Januari  tahun 2016 mendatang.

Nah berikut fakta uniknya, yang dishare lewat facebook KMGP The Movie :

Fakta Ke 1

Fakta Unik KMGP 1

via facebook.com

“Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP) ditulis Helvy Tiana Rosa pada Maret 1992, dengan tokoh utama: Mas Gagah. Pemeran utama film ini: Hamas Syahid lahir 11 Maret 1992.”

Fakta Ke 2

Fakta Unik KMGP 2

via facebook.com

“Yulyani, Ibu dari Hamas Syahid, adalah orang pertama yang turut membedah buku ini tahun 1997 di Surabaya. Ia terharu, menangis, membaca KMGP hingga 20 kali. Ia melihat cover buku yang menampilkan sosok seorang pemuda gagah dari belakang, yang hanya terlihat punggungnya. Yulyani lantas berpikir siapakah pemeran Mas Gagah bila difilmkan kelak? Ia sangat berharap bisa melihat sosok tersebut dari depan. Masya Allah, 18 tahun kemudian ternyata anak sulung Yulyani yang menjadi Mas Gagah.”

Fakta Ke 3

Fakta Unik KMGP 3

via facebook.com

KMGP ditulis Helvy karena ia ingin sekali memiliki abang sebagaimana kawan-kawannya. Akhirnya ia putuskan untuk menciptakan seorang abang imajiner bagi semua orang.

Fakta Ke 4

Fakta Unik KMGP 4

via facebook.com

Awalnya KMGP berbentuk cerita pendek, ditulis Helvy dalam waktu 1 jam pada usia 22 tahun, tahun 1992. Diterbitkan di Majalah Annida 1993. Diterbitkan sebagai buku kumpulan cerpen pertamakali oleh Pustaka Annida, 1997. “Sambungan” kisah ini ditulis Helvy kembali tahun 1997 di Majalah Annida.

Fakta Ke 5

Fakta Unik KMGP 5

via facebook.com

Tokoh Yudhistira Arifin (Yudi), Pemuda misterius, yang gemar memakai baju kotak-kotak, muncul dalam sambungan KMGP tahun 1997 di Majalah Annida dengan judul “Lelaki Tak Bernama”
Ohhhhh… ini awal mulanya tokoh Yudi “lelaki tak bernama” masuk didalam cerita Ketika Mas Gagah Pergi

Fakta Ke 6

Fakta Unik KMGP 6

via facebook.com

“KMGP berkisah tentang cinta yang mengubah Gagah, pemuda tampan, pintar & disukai banyak orang menjadi lebih dekat dengan Allah, lebih baik, lebih peduli pada sesama dan lingkungan. Tapi perubahan ini membuat adiknya, Gita. Gadis gaul, tomboy dan cuek. Marah dan merasa terasing. Gita kemudian menemukan pencerahan lewat Yudi, pemuda misterius di angkutan umum. Dan juga Nadia, gadis cantik cerdas yang menemukan identitas Islamnya saat studi di negeri Paman Sam. Tapi, terlambatkah Gita?”

Fakta Ke 7

Fakta Unik KMGP 7

via facebook.com

KMGP juga merupakan tugas kuliah Helvy tahun 1992 di Fakultas Sastra UI, yaitu mata kuliah Penulisan Populer I (cerpen) yang diampu Ismail Marahimin. Kisah ini mendapat nilai paling tinggi. Tahun 1997 saat diterbitkan sebagai buku, KMGP diberi pengantar oleh Ismail Marahimin. Dalam pengantar buku ini Ismail Marahimin menyebut Helvy sebagai “Penulis Pejuang Islami”

Fakta Ke 8

fakta unik kmgp 8

via facebook.com

“Tokoh Gita Ayu Pratiwi dalam film ini ditulis berdasarkan karakter penulisnya: Helvy Tiana Rosa saat duduk di SMAN 5 Jakarta, sebelum mengenakan jilbab”
Ternyata karakter Gita adalah karakter bunda Helvy sewaktu SMA ya…

Fakta Ke 9

Fakta Unik KMGP 9

via facebook.com

“Tokoh Mas Gagah terinspirasi oleh dua mahasiswa, abang dari teman Helvy, yang dikenalnya saat kelas 2 SMA. Juga terinspirasi dari seorang muslimah bernama Gita yang kehilangan abangnya tepat di hari pertama ia memutuskan untuk mengenakan jilbab.”

Semoga bermanfaat 🙂

Wassalamu’alaikum.

Sumber : facebook KMGP The Movie

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s