Kronologi Perjuangan WantProductionTV Terhadap Klaim Hak Cipta

Assalamu’alaikum.

Kronologi kasus klaim yang terjadi pada video/film karya WantProductionTV (Film Maker Muslim) karena TranscorpTV , berikut penuturan M Amrul Ummami dalam akun facebooknya :

Sejak sebelum Ramadhan yang lalu, Pihak Trans TV suka sekali mencomot visual dari film-film kami, dan hanya mencantumkan “courtesy of youtube” disana. Acara yang sering menampilkan karya kami adalah Berita Islami Masa Kini dan Khasanah. Itupun tanpa seizin kami dahulu.

Kronologi Terjadinya Klaim Salah Satu Film Karya WantProductionTV 2 Kronologi Terjadinya Klaim Salah Satu Film Karya WantProductionTV 3Lalu kemarin tanggal 6 Oktober 2015 kami mendapat email dari youtube bahwa Film kami di claim oleh Transcorp TV Indonesia bahwa film tersebut adalah milik mereka.

Jujur sebagai kreator kami amat geram.

Karya Film Maker Muslim (WantProductionTV) Diklaim Transcorp TVLalu kami melakukan dispute claim ke youtube dan memberikan alasan kami bahwa Film tersebut kami yang produksi sendiri.

Namun prosesnya ternyata memakan waktu maksimal 30 hari.

Kronologi Terjadinya Klaim Salah Satu Film Karya WantProductionTV 5Alhamdulillah, berkat bantuan teman-teman yang luar biasa. Kami mendapatkan kontak orang trans tv nya langsung, dan dibantu menyelesaikan via orang youtubenya langsung.

Dan akhirnya claim tersebut dicabut. Dan Film kami lepas dari sengketa.

Kronologi Terjadinya Klaim Salah Satu Film Karya WantProductionTV 1Apa pelajaran yang bisa diambil dari kasus ini:

1. Kepada creator : harap waspada dan bisa diberi watermark di setiap karyanya (meskipun watermark ini bisa dibuat blur oleh pelaku). Apabila kasus seperti ini terjadi, mas Dennis Adishwara II dan tim bisa membantu.

2. Kepada stasiun tv : harap meminta izin terlebih dahulu sebelum mengambil karya orang lain untuk kepentingan dan keuntungan sendiri. Karena ada hak orang lain disana.

Semoga kasus ini tidak menimpa kreator lain.

Terima kasih banyak atas bantuan dan dukungan rekan-rekan semua.

Wassalamu’alaikum.

Sumber : Facebook M Amrul Ummami

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s