Balik Layar “Creative Process” Lady Vanguard – KIVITZ

Kabar gembira untuk kita semua, belakangan ini Kak Fitri Aulia sharing creative process dari koleksi terbarunya dari KIVITZ yaitu Lady Vanguard. Begini ceritanya, Sebelum menghasilkan sebuah karya berupa fashion. Semua itu dimulai dengan menentukan tema yang akan kita angkat, setelah itu  ada pemilihan siluet dan cutting yang disesuaikan dengan tema, serta memilih warna-warna bahan yang disesuaikan dengan warna pada moodboard, dan banyak lagi yang lain.

Creative Process Lady Vanguard - KIVITZ 1 Creative Process Lady Vanguard - KIVITZ 2

Nah untuk temanya, Kak Fitri mendapat ide mengenai Utopia atau keadaan yang sempurna atau baik di masa depan. Sehingga tema besarnya mengarah ke tema futuristik. Setelah itu kita cari lagi dari Utopia ini apa yang mau diangkat secara khusus. Sampai akhirnya muncul ide mengenai seorang wanita yang lovable, memiliki kepribadian yang kuat, visi untuk selalu menginspirasi orang lain dan memiliki passion yang tinggi. Maka terciptalah nama Lady Vanguard.

Proses selanjutnya adalah pembuatan moodboard, color chart, and inspiration. Semua pembuatan ini dikerjakan melalui tahapan manual dan digital. Menggunakan pensil, Copic, software Adobe Photoshop dan Adobe Illustrator di komputer. Tahapannya cukup panjang. Sebelumnya kita mencari-cari gambar di internet untuk membuat moodboard sesuai tema. Jangan lupa untuk mencari yang resolusinya besar dan gambarnya artistik untuk menggabung-gabungan gambar yang sudah ada di Photoshop. Setelah itu kita akan menemukan warna-warna yang nantinya akan dipakai untuk pemilihan kain. Jadi semua itu berkaitan.

Creative Process Lady Vanguard - KIVITZ 3Setelah proses pencarian ide, selanjutnya proses design. Karena kali ini temanya futuristik, jadi Kak Fitri banyak mendesign pakaian-pakaian yang banyak cutting-an dan penuh pola berstruktur. Kalau untuk ide treatment pleats-nya sendiri terinspirasi dari architecture masa depan. Biasanya dalam men-design manual, saat menggambar menggunakan pensil yang kemudian dilanjutkan dengan proses perwarnaan dengan menggunakan Copic. Setelah proses manual tersebut, hasilnya discan lalu dilanjutkan dengan proses digital.

Proses digital ini menggunakan Photoshop untuk retouching agar tampilannya lebih sempurna dengan menggunakan Wacom pen tablet. Selain itu, tambahkan juga dengan gambar technical drawing (bentuk baju jika dibentangkan dalam bidang datar dan gambaran detail) dengan menggunakan Adobe Illustrator. Setelah semuanya selesai, tiap lembarnya diprint kemudian ditempelkan kain asli. Nah dokumen ini berguna untuk memudahkan penjahit dalam proses menjahit.

Creative Process Lady Vanguard - KIVITZ 4 Creative Process Lady Vanguard - KIVITZ 5Begitulah alur Creative Process dari Lady Vanguard, Semoga mengispirasi sahabat Hijabers. Nanti kita lanjut Balik Layar ” Photoshoot Process” Lady Vanguard – KIVITZ

Sumber : KIVITZ Blog

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s